[Artikel] Tips memilih kebaya sesuai bentuk tubuh

Tips memilih kebaya sesuai bentuk tubuh

Tips memilih kebaya sesuai bentuk tubuh

Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional perempuan Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Kebaya membuat pemakainya terlihat bertambah anggun dan santun. Kebaya sekarang ini tidak hanya dipakai untuk acara pernikahan, namun bisa dipakai untuk berbagai kesempatan seperti pesta, wisuda, maupun acara semi formal. Model kebaya pun tidak melulu bermodel klasik, namun kini kebaya memiliki model yang beragam. Demikian pula padu padan yang lebih fleksibel.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua model kebaya cocok dipakai setiap orang. Bentuk tubuh setiap perempuan berbeda-beda, sehingga harus pandai memilih model yang sesuai. Salah-salah nanti bukan kesan anggun yang tercipta, tapi bencana!

Jadi ladies, sebaiknya kenali dulu bentuk tubuhmu untuk memilih kebaya yang tepat agar tampil dengan sempurna. Berikut beberapa tips memilih model kebaya agar tidak salah pilih.

1.       Tubuh Boyish

Tubuh boyish ini artinya bentuk tubuh yang memiliki lebar pinggang dan pinggul yang sejajar, sehingga tubuh terlihat lurus. Perempuan dengan tubuh lurus,tinggi atau memiliki pundak yang tegak sebaiknya memilih kebaya dengan model pas badan yang memiliki detail di pinggul atau pinggang untuk memberikan kesan curvy dan tubuh terlihat proporsional. Hindari kebaya dengan model longgar dan memiliki motif di bagian pundak dan leher atau kebaya dengan model kerah tinggi karena akan membuat kedua area ini tidak terlihat semakin lebar. Untuk memperjelas siluet tubuh, bisa kenakan belt/obi atau memakai bustier di dalam kebaya.

2.       Tubuh Mungil

Ada dua tipe tubuh mungil. Tubuh mungil tapi kurus dan tubuh mungil berisi. Memilih kebaya pun tidak sama meski sama-sama bertubuh mungil.

Untuk tubuh mungil namun kurus, pilihlah kebaya yang pas di badan dan tidak longgar serta tidak terlalu panjang. Agar tubuh mungil tidak terkesan tenggelam. Kebaya pas badan tidak harus selalu ketat, tapi memiliki detail yang jelas  di bagian pundak, pinggul sampai kaki, namun tidak terlalu penuh terutama di bagian leher dan leher yang tertutup.

Sedangkan untuk tubuh mungil berisi, kebaya yang mengekspos bagian pundak maupun berpotongan serong di bagian bawah akan memberikan ilusi tubuh mungil terlihat tinggi menjulang. Kebaya dengan model belakang panjang dan bagian depan pendek juga bisa menjadi pilihan.

3.       Berdada besar

Bagi yang memiliki tubuh berdada besar atau lebar, sebaiknya kenakan kebaya dengan peunutup dada. Seperti kebaya berkerah tinggi. Namun hindari kebaya dengan aksen kerut di sekitar dada hinggga ke bawah perut, karena akan membuat area tersebut semakin besar. Pilih kebaya yang tidak terlalu ramai dengan motif maupun aksen-aksen lainnya. Dan hindari kebaya yang terlampau ketat. Selain itu pilihlah bustier yang tepat yang dapat mengcover bagian dada dengan sempurna sehingga bagian ini tidak tampak terlalu menonjol.

4.       Tubuh dengan bahu lebar

Bahu yang lebar bisa disamarkan dengan memilih kebaya bermodel V-neck atau model kerah yang agak rendah dengan bahu yang tertutup. Model kebaya seperti ini akan mengalihkan fokus ke area dada dan membuat tubuh terlihat lebih jenjang. Selain itu, kamu juga bisa memakai kebaya dengan detail atau ornamen lain di bagian pinggang, seperti belt atau obi untuk memperlihatkan siluet tubuh yang lebih mempesona.

Untuk bentuk tubuh dengan bahu lebar, hindari kebaya bermodel kerah sabrina yang memperlihatkan bahu, ataupun kebaya dengan detail pada bagian lengan yang semakin mempertegas bagian bahumu.

5.       Tubuh tinggi

Model baju kebaya tradisional paling cocok untuk kamu yang bertubuh tinggi. Jika postur tubuhmu termasuk bongsor, pilih saja kebaya yang memiliki panjang di bawah pinggul dan minim hiasan payet. Model baju kebaya seperti ini akan membuat kamu terlihat lebih anggun dan langsing.

Sedangkan bagi kamu bertubuh tinggi langsing, kebaya berkerah shanghai merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan keindahan lehermu. Selain itu, kenakan baju kebaya yang tidak terlalu ketat agar tubuh terlihat lebih berisi namun tetap proporsional. Keuntungan lain untuk tubuh tinggi langsing adalah bisa memakai kebaya dengan detail di bagian lengan, seperti pita atau model lengan balon.

6.       Tubuh berisi

Tubuh berisi itu bukan halangan untuk terlihat modis dengan kebaya. Tinggal pintar-pintar saja memilih potongan kebaya dan detailnya, perempuan dengan potongan  tubuh berisi akan lebih cantik dan mempesona dengan kebaya. Sebenarnya, menentukan kebaya untuk tubuh berisi itu tidak sesulit yang dibayangkan, asal tahu proporsi tubuh dan jenis bahan kebaya yang sesuai.

Untuk tubuh berisi, pilihlah kebaya yang tak terlalu banyak mengandung motif, manik-manik atau payet. Pada bagian leher juga harus diperhatikan, yakni leher berbentuk V atau V-neck yang justru akan memberikan kesan jenjang dan mempesona.

-t-

Sumber : Kompasiana, Hipwee, google